Mengetahui arti suara BEEP saat booting komputer


Pada saat menyalakan komputer maka terdengar suara dari internal speaker komputer yang terhubung ke motherboard. Suara ini biasa dinamai dengan BEEP. Suara yang dikeluarkan bisa berbeda-beda, tergantung kondisi komputer saat itu.


Dengan mengetahui arti suara(BEEP) saat booting maka secara otomatis kita dapat dapat mengetahui kondisi dan cara penanggulangannya.

Suara BEEP ada 2 macam yaitu beep panjang dan beep pendek, berikut penjelasan selengkapnya:
1. Beep pendek 1X = komputer berjalan dengan normal
2. Beep pendek berulang-ulang = ada permasalahan pada motherboard, periksa kondisi motherboard, perangkat hardware yang terpasang ke motherboard, memeriksa semua kabel data, kabel power dan sebagainya. 
3. Beep panjang 1X = ada permasalahan pada memory
4. Beep panjang 1X yang diikuti dengan beep pendek 3 kali = ada permasalahan pada VGA-Card. Periksa VGA-Card dari beberapa kemungkinan, seperti kurang terpasang dengan benar ke socketnya, bagian bawah VGA(yang berwarna keemasan) kotor, mencoba VGA card milik orang lain ke motherboard kita dan sebagainya.
5. Tidak ada suara sama sekali = tidak dapat dipastikan bagian mana dari perangka hardware yang mengalami masalah. Jika ini terjadi periksa secara menyeluruh bagian dari perangkat hardware.

Dengan mengetahui suara BEEP di atas maka proses pendeteksian dan permasalahan komputer dapat diketahui sejak dini dan dapat segera di atas kerusakannya... Semoga bermanfaat..


Post a Comment

0 Comments