Pujian atau Kritikan?

salam blogger.

sudah lama blog ini gak update, akhirnya sekarang update lagi.. hehehe

Kali ini saya akan memaparkan pendapat saya mengenai pujian dan kritikan...

Begini loh, Seringkali ketika kita membuat sebuah karya, iya gak? dari karya itu, pasti akan menghasilkan yang namanya pujian ataupun kritikan dari pihak tertentu.

Nah, pujian itu seringkali arahnya positif dan kesannya baik-baik, sedangkan kritikan biasanya ke yang lebih jelek-jelek dalam artian kasarnya. Beberapa orang kalau disuruh memilih, pasti akan lebih memilih pujian, kenapa? yah bisa jadi karena mereka maunya cuman baik-baik saja orang memandang dan maunya dinilai positif saja untuk karyanya itu.

Tapi kalau saya sendiri, akan lebih memilih kritikan dibanding pujian, kenapa? karena ketika kita mendapat pujian, kita akan merasa sudah sempurna dan dibatasi untuk berhenti sampai disitu, dan merasa puas dengan apa yang telah kita buat, sehingga kadang kala kita merasa besar kepala dengan pujian-pujian itu. Sedangkan ketika kita mendapatkan kritikan, kita akan senantiasa untuk berbuat atau berkarya lebih dari yang sebelum-sebelumnya , sehingga kita bisa intropeksi dan menilai kekurangan apa dari karya kita itu, karena mereka yang mengkritik cenderung menilai yang kurang.

Oleh karena itu, ketika kita mendapat kritikan atas karya yang telah kita buat, jangan cepat ambil kesimpulan bahwa pihak tertentu atau orang tersebut tidak menyukai karya kita, tapi cobalah untuk berpikir positif dan mengambil sisi baik dari kritikan tersebut, pastinya kita bisa lebih baik dalam membuat sebuah karya untuk ke depannya..

Mungkin sekian dulu pemaran dari saya, terima kasih sudah menyempatkan diri membaca artikel ini. :)

Post a Comment

0 Comments