Di sini Letak Masalah

     Ada seorang montir yang mempunyai kemampuan analisa sangat hebat dalam memperbaiki segala alat mekanik. Setelah bekerja dengan setia selama 30 tahun kepada perusahaan, akhirnya dia pensiun.
Beberapa tahun kemudian, perusahaan tempatnya bekerja dulu tiba-tiba menghubungi dia karena adanya kerusakan yang tak mampu mereka tangani pada salah satu mesin seharga jutaan dollar. Mereka telah mencoba segala cara dan mengerahkan banyak montir ahli untuk memperbaiki mesin tersebut, tapi tidak ada hasilnya. Dalam keputusasaan, akhirnya perusahaan menghubungi si montiryang sudah pernah memperbaiki banyak masalah mekanik di perusahaan.

Si montir dengan enggan memenuhi panggilan itu. Dia menghabiskan waktu seharian untuk menganalisa mesin raksasa tersebut. Sampai akhirnya ketika sudah hampir malam, dia mencoret tanda "x" pada salah satu komponen mesindan berkata "Di sini letak masalahmu".

     Komponen tersebut diganti dan mesin berjalan dengan sempurna lagi. Atas jasa tersebut, perusahaan menerima selembar faktur tagihan senilai US$ 50,000 dari sang montir. Para manajer perusahaan yang kaget dengan nilai tagihan sebesar itu mintasang montir untuk segera memperinci setiap poin tagihan.

     Sang montir menjawab singkat :
     Coretan kapur US$1
Mengetahui tempat untuk menaruh coretan dengan tepat US$49,999

~~~~~~~~~~~

Seorang awam memperlihatkan pekerjaan mudahnya seolah dikerjakan seorang profesional, sedangkan seorang profesional memperlihatkan pekerjaannya seolah mudah dikerjakan seorang awam. Seringkali jasa seseorang tidak dihargai sebagaimana orang menghargai benda.

Post a Comment

0 Comments